Gambar

GADOG

Botanis Bischofia javanica Bl., famili Staphyleacea
Pohon Gadog
Local Bintungan, gadog, gelintungan, gintung, gintungan, glintungan (Jw); bintungan, cingkam, gerinjing, gerunjing, kerinjing, kunjing, sikam, tingkam, tingkem (Smt); keyawu, marintek, polo, tepalu, umba (Slw); ie, inggedi, kalmote, mangatu, sekutin, terangan,
Sinonim -
Sinonim Staphyleaceae
Habitat Tinggi pohon dapat mencapai 35 m dengan panjang batang bebas cabang 20 m, diameter sampai 60 cm, tidak berbanir. Kulit luar berwarna coklat tua, beralur dan mengelupas banyak kecil-kecil tebal, mengeluarkan getah berwarna merah.
Persebaran
  • Jawa
  • Nusa Tenggara Barat
  • Nusa Tenggara Timur
  • Maluku
  • Irian Jaya
  • Seluruh Sulawesi
  • Seluruh Sumatera
  • Karakteristik
    Warna Kayu teras berwarna coklat-merah sampai coklat-ungu. Kayu gubal berwarna coklat-kelabu atau coklat pucat dan mempunyai batas yang jelas dengan kayu teras.
    Tekstur Tekstur kayu agak kasar dan merata.
    Arah Serat Arah serat umumnya berpadu, kadang-kadang bergelombang.
    Kesan Raba Permukaan kayu agak kesat sampai agak licin
    Kilap Permukaan kayu agak kusam sampai agak mengkilap.

    Bau -
    Pori-Pori Pori berbentuk lonjong, sebagian besar bergabung 2 - 3 dalam arah radial, tersebar merata 3 - 6 per mm2 atau kadang-kadang lebih, diameter 100 - 220 ?, banyak berisi tilosis, kadang?kadang berisi endapan berwarna putih, bidang perforasi sederhana.
    Parenkim Parenkim tidak tampak jelas, tersebar berbaur dengan serat yang hampir seluruhnya bersekat menyerupai parenkim.
    Jari-Jari Jari-jari heteroselular, uniseriat dan multiseriat, lebar 20 - 80 ?, tinggi 500 - 1.000 ?, frekuensi 3 - 9 per mm, sebagian sel jari-jari berisi silika dan kristal.
    Berat Jenis 0,75 (0,55-1,00); II-(III-I)
    Penyusutan Penyusutan sampai kering udara 1,8% (R) dan 4,1 % (T), sedangkan sampai kering tanur 3,9% (R) dan 7,5% (T).
    Kadar Selulosa - Lignin - Pentosan -
    Kelarutan Alkohol-benzena - Air dingin - Air Panas - NaOH 1% -
    Kelarutan Alkohol-benzena - Air dingin - Air Panas - NaOH 1% -
    Kalor -
    Keawetan Kayu gadog dimasukkan ke dalam kelas III-II tetapi berdasarkan percobaan kuburan jenis kayu ini termasuk kelas awet II. Daya tahannya terhadap rayap kayu kering termasuk kelas IV, sedangkan terhadap jamur pelapuk kayu termasuk kelas II-IV.
    Keterawetan Teras kayu gadog sukar diawetkan, tetapi kayu gubalnya mudah dimasuki bahan pengawet.
    Pengeringan Kayu gadog sangat sukar dikeringkan karena mudah retak, pecah dan berubah bentuk. Pengeringan papan segar tebal 2 cm sampai kadar air 30% memerlukan waktu 64 hari. Bagan pengeringan yang dianjurkan adalah suhu 37,7 - 60?C dengan kelembaban nisbi 86 - 38%.
    Keteguhan Lentur Tegangan pada batas proporsi (kg/cm2) b 291 k 309, Tegangan pada batas patah (kg/cm2) b 500 k 640, Modulus elastisitas (1.000 kg/cm2) b 74 k 68, Usaha sampai batas proporsi (kgm/dm3) b 0,7 k 0,8, Usaha sampai batas patah (kgm/dm3) b 3,6 k 6,4
    Keteguhan Pukul Radial (kgm/dm3) b 20,3 k 19,4, Tangensial (kgm/dm3) b 22,6 k 22,4
    Keteguhan Tekan b 243 k 346
    Keteguhan Geser Radial (kg/cm2) b 69 k 102, Tangensial (kg/cm2 ) b 82 k 123
    Kekerasan Ujung (kg/cm2) b 420 k 581, Sisi (kg/cm2) b 385 k 428
    Keteguhan Belah Radial (kg/cm) b 48,5 k 60,2, Tangensial (kg/cm) b 59,4 k 82,0
    Keteguhan Tarik Radial (kg/cm2) b 36,5 k 43,4, Tangensial (kg/cm2 ) b 43,4 k 58,2
    Venir Kayu Lapis Kayu gadog dapat dibuat venir dengan sudut kupas 92? tanpa perlakuan pendahuluan dengan hasil baik, tetapi venirnya bergelombang setelah dikeringkan. Perekatan venir kayu gadog dengan urea-formaldehida menghasilkan kayu lapis yang memenuhi persyaratan sta
    Pengerjaan Pengalaman di Malaysia menunjukkan bahwa kayu gadog agak sukar digergaji, tetapi menurut keterangan di India tidak sukar digergaji jika kayunya dalam keadaan segar. Pengujian sifat pemesinan menunjukkan bahwa jenis kayu ini dapat dibor dan dibuat lubang persegi dengan hasil sangat baik, serta dapat diserut, dibentuk, dibubut dan diamplas dengan hasil baik sampai sangat baik.
    Kegunaan Kayu gadog dapat dipakai untuk bangunan perumahan, jembatan atau pertambangan dan ternyata cukup awet jika terlindung dari pengaruh cuaca, antara lain untuk jembatan yang diberi atap, bahkan juga untuk mebel. Jika dibuat papan tipis jenis kayu ini mudah p
    Tempat Tumbuh Gadog tumbuh tersebar dalam hutan primer dan sekunder tua, pada tanah liat dan tanah berpasir yang kering atau sewaktu-waktu tergenang air. Jenis ini sering ditemukan di pinggir anak sungai pada ketinggian 100 - 1.500 m dari permukaan laut dengan tipe cur
    Permudaan Permudaan alam terdapat secara tersebar atau berkelompok, terutama dalam hutan sekunder. Permudaan buatan dilakukan dengan bibit anakan atau stump yang berdiameter lebih dari 2,5 cm dengan panjang bagian batang 20 cm dan bagian akar 30 cm serta dapat menc
    Hama Penyakit Batang pohon gadog peka terhadap serangan kumbang ambrosia (Xyleborus spp.) dan kadang-kadang diserang jamur upas (Corticium salmonicolor B. et Br.).

    Sertakan beberapa komentar anda